[STUDI KASUS] Cara Saya Menghasilkan 1,5 Milyar Dalam 4 Bulan dengan Facebook Ads

Facebook Ads Untuk Meningkatkan Penjualan

Bismillahirrahmanirrahim.
Sebagai rasa syukur Saya atas karunia rezki berupa ilmu dan kesehatan selama ini dalam berkarir. Saya ingin berbagi apa yang Saya terapkan dalam membangun sebuah Ecommerce B2B hingga bisa meningkatkan omsetnya 3 kali lipat menggunakan beberapa metode digital marketing. Salah satunya adalah facebook ads.

Screenshot Total Biaya iklan salah satu akun yang saya kelola dan telah menghasilkan omset >10 M dalam 10 bulan.

——————————————————————————————————————

Sedikit cerita background Saya, Saya Ridho Pratama. Saat studi  kasus ini dibuat, Saya bekerja sebagai digital marketing manager disebuah perusahaan multinasional di jakarta. Saya bertugas merencanakan, membuat iklan, mengoptimasi,  dan meningkatkan pengunjung dan penjualan situs E commerce. Hobi saya belajar, praktek dan mengajar. Saya juga seorang penulis buku digital marketing. Buku terbaru saya berjudul Teknik Jitu Meningkatkan Omset Dengan Facebook Ads.

Bagi yang ingin tau lebih dekat dengan Saya dan ingin belajar digital marketing bisa berkunjung ke blog Saya: ridhopratama.com

Baca Juga:

Versi PDF Studi Kasus Ini                       : 

Studi Kasus Google Adwords                 : Cooming Soon

Studi Kasus Instagram Automation    : Cooming Soon

Studi Kasus  SEO for E commerce       : Cooming Soon

Email Marketing Untuk E commerce : Cooming Soon

Buku Panduan Langkah-Langkah Fb ads yang menghasilkan :

=============================================================================================

PERHATIAN: Silahkan di bookmark halaman ini karena saya akan update terus studi kasus terbaru dan metode digital marketing yang terbukti work!
=============================================================================================

 

Semoga bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca semua…

Saya memegang kendali iklan Facebook ads bulan desember 2016 dan telah menghabiskan budget 42,5 juta rupiah untuk meningkatkan omset perusahaan dari 600 juta hingga 1,5 M per 31 Maret 2017!

Jumlah ini tentu saja tidak datang dari iklan di facebook ads saja, melainkan beberapa channel digital marketing lainnya seperti adwords, dan SEO. Namun kali ini Saya akan membahas facebook ads terlebih dahulu. Untuk memahami teknik Adwords dan SEO yang digunakan bisa kamu baca disini.

kali ini Saya akan share tahapan yang Saya lakukan untuk mencapai angka tersebut.

Sebenarnya banyak teknik advance yang bisa Anda pelajari tentang facebook ads. Kali ini Saya akan tampilkan kepada Anda beberapa teknik yang bisa dijadikan wawasan baru bagi Anda.

Sedikit pemanis tentang facebook ads…
Facebook ads merupakan chanel marketing yang sedang popular dengan 2 Milyar pengguna aktif setiap bulannya.Selain sebagai media sosial, Facebook juga banyak digunakan pengusaha untuk meningkatkan penjualan.

Data Pengguna Facebook Indonesia (We Are Social 2016)

Namun jika diperhatikan, Beriklan difacebook sangat membingungkan karena beragamnya fitur yang disediakan.

Mulai dari objektive iklan interest, demografis, ads copy dan berbagai pengaturan yang terlihat memusingkan.

Saya mengalami hal yang sama ketika awal belajar dahulu. Hingga akhirnya bisa menemukan formula yang pas untuk beriklan.

Saya sangat terinspirasi dengan prinsip pareto (80/20) yang bisa diterapkan dalam berbagai area kehidupan. termasuk juga dalam facebook ads.

Hanya 20% fitur iklan di Facebook yang berkontribusi terhadap hasil iklan yang Saya dapatkan. Teknik ini sangat membantu Saya untuk menghasilkan iklan yang mampu mendatangkan trafik berkualitas untuk menggAndakan profit klien yang Saya tangani.

Sebelum Saya sharing, Saya ingin menjelaskan beberapa fondasi dasar agar Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang Saya telah terapkan.

dalam studi kasus ini Anda akan belajar

  • Hal dasar yang harus dipahami dalam beriklan di facebook

  • Perencanaa iklan facebook

  • Pembuatan iklan facebook

  • Teknik optimasi agar iklan selalu menghasilkan keuntungan

Yuk disimak!

  1. Hal penting yang harus dipahami dalam beriklan dengan facebook ads.

a. Niche yang digeluti (adalah niche dengan tingkat retention rate yang tinggi/repeat ordernya banyak!)

Ceruk pasar yang Anda pakai untuk menghasilkan keuntungan sangat menentukan bisa atau tidak nya bisnis Anda untuk berkembang. Kesalahan dalam memilih produk yang tepat akan berakibat fatal dan membuang banyak sumberdaya waktu maupun uang Anda.

Saya sendiri dahulu pernah mengalami masalah ini ketika 2 tahun lalu mulai beriklan di facebook. Saya memasarkan produk yang harus diimpor dan membutuhkan waktu lama untuk restok barang.

ketika pengunjung banyak berdatangan, ternyata stok barangnya habis. dan terpaksa lah Saya menanggung kerugian dan kekecewaan dari calon konsumen yang tertarik dengan produk tersebut. Dari sini Saya belajar bahwa untuk beriklan di facebook pastikan Anda memiliki stok produk yang ready ataupun suplayer yang punya stok besar, sehingga Anda tidak akan khawatir ketika suatu saat pemesanan Anda membludak!

Pilihlah produk dengan margin besar sehingga memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar setiap kali ada penjualan. Jika Anda memilih memasarkan produk dengan keuntungan kecil maka Anda akan membutuhkan tenaga extra untuk melayani pembeli indonesia yang suka tanya-tanya dan minta diskon. Usaha Anda akan lebih berat dan lama untuk membesar, namun tidak menutup kemungkinan untuk membesar jika Anda tekun dan mampu membangun tim penjualan yang baik.

Saran Saya untuk beriklan di facebook ads minimal Anda harus memiliki margin 30 ribu perproduk agar usaha waktu dan dana anda tidak sia sia… beda halnya jika anda menjual barang grosir. Anda bisa bisa mengambil keuntungan besar sekalipun margin satuannya kecil.

Bisnis dengan margin besar sangat cocok untuk diiklankan dengan facebok. Saya bisa jamin dengan teknik yang benar Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan facebook ads!

Contohnya:

-Bisnis umroh                                                            -Makanan

-Travel                                                                         -Showroom kendaraan

-Restoran                                                                    -Produk Premium

-jasa dokter                                                                 -Kursus Dan Lainnya.

Bisnis seperti diatas memiliki peluang yang besar untuk discale dengan facebook. Saya yakin untuk mendapatkan 1 M Perbulan tidaklah serumit jika Anda menjual produk retail satuan dengan margin yang minim. Tentu saja dengan biaya iklan yang cukup hehe

b. Pelayanan prima dan after sale yang baik

Tingkat repeat order sangat erat kaitannya dengan pelayanan yang prima. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan kostumer baru 7 kali lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan konstumer yang repeat order (Loyal kostumer).

 

Sumber: https://www.slideshare.net/actonsoftware/act-on-marketing-automation-beyond-customer-acquisition

dengan meningkatkan fokus terhadap costumer yang telah ada. Anda mempunyai peluang yang besar untuk mendapatkan sales yang lebih besar dari pelanggan yang puas terhadap pelayanan Anda. Hal ini berlaku terhadap klien Saya. banyak pemasukan dari klien lama

yang berhasil dijaring dari iklan facebook ads dan adword. Mereka datang kembali untuk membeli produk sejenis atau produk lainnya karna sudah merasa nyaman dengan pelayanan toko klien Saya. Harga menjadi nomor 2 jika konsumen sudah merasa nyaman!

c. Website dengan UI/UX yang baik sehingga pengunjung betah berada diwebsite

Percuma Anda beriklan dengan budget yang fantastis jika website Anda membingungkan! Desain dan navibasi (UI/UX) memiliki peran penting agar situs Anda memberikan pengalaman yang baik bagi calon konsumen. dengan desain yang baik konsumen akan merasa bahwa Anda merupakan toko profesional dan siap melayani penjualan dalam jumlah besar.

Pada dasarnya orang datang kesitus untuk browsing bukan untuk reading. Mereka menscan halaman website secara cepat dan mengarahkan fokus pada navigasi yang penting saja. Jika mereka merasa frustasi dengan situs yang acak-acakan maka mereka akan meninggalkan situs anda. Hal ini akan meningkatkan bounce rate dari situs anda dan secara lansung berpengaruh pada ranking situs anda di SERP google!

Website-website besar diluar sana (amazon, ebay) selalu melakukan optimasi UI/UX secara berkala guna mendapatkan desain yang sangat mudah di pahami oleh pengunjung. Sehingga menghasilkan penjualan yang maksimal.

d. Yang terakhir dan yang terpenting adalah = MODAL IKLAN! =

Beriklan dengan facebook tentu saja membutuhkan dana. Namun besarnya dana tidak serta merta sama dengan jumlah keuntungan yang didapatkan. jika Anda menggunakan teknik yang salah, maka siap-siap dana iklan Anda akan bocor dimana-mana.

Sebaliknya dengan teknik yang benar Anda akan mendapatkan penjualan dengan biaya yang jauh lebih murah. Namun sekali lagi Saya tekankan. Anda harus berani mengeluarkan dana lebih jika ingin mendapatkan omset lebih.. Simple hehe

Selanjutnya Saya akan menjelaskan langkah-langkah yang Saya lakukan untuk menumbuhkan bisnis klien Saya tersebut menggunakan facebook ads

  1. Perencanaa Iklan Facebook Ads

Perencanaan iklan:  Tujuannya adalah untuk mengetahui target pasar, berapa biaya periklan, dan target konversi yang diinginkan.

perencanaan meliputi :

a. Pembuatan buyer persona (Penentuan target iklan)

buyer persona adalah gambaran mengenai siapa calon konsumen yang ideal untuk produk yang Anda tawarkan

buying persona berisi data-data yang meliputi demografi (Umur, Tempat tinggal, jenis kelamin, profesi dll) calon pembeli, Ketertarikan mereka, Masalah yang mereka hadapi

Data-data ini penting Anda ketahui untuk mendapatkan profil orang-orang yang Anda akan target untuk iklan.

Anda bisa mendapatkan data ini dengan cara membuat online survey, bertanya kepada owner, membaca data pembeli sebelumnya, dan melakukan research sendiri. Anda bisa memanfaatkan audience insight jika Anda menggunakan facebook.

b. Penentuan Max cost per acquisition/ Cost Per Convertion

Cost per converstion adalah tahap menentukan berapa jumlah uang yang ingin dikeluarkan untuk mendapatkan satu calon konsumen baru. Nilai ini penting untuk memastikan usaha marketing yang kita lakukan tidak melebihi kemampuan Anda untuk membayar biaya iklan per usernya.

Sederhananya begini… Jika kita mempunya produk yang memberikan keuntungan RP. 60.000 maka maksimal Cost perconvertion adalah 10 ribu. Hal ini karena tidak semua pengunjung akan berubah menjadi pembeli. Oleh karena itu berdasarkan data rata-rata toko bisa dibuat perbandingan 1 banding 6 yang artinya dari 6 orang pengunjung yang datang ke toko maka akan ada 1 orang yang akan menjadi pembeli!

c. Pemasangan Tracking pixel

Tahapan ini juga tidak boleh terlewatkan. Pemasangan pixel bertujuan untuk analisis data hasil iklan dan retargeting iklan yang telah jalan ke calon konsumen yang telah mengunjungi situs Anda.

Dengan adanya kode tracking ini, maka Anda dapat dengan mudah mengetahui iklan mana yang menghasilkan keuntungan dan iklan mana yang membuang uang anda. Data ini penting sekali untuk membuat keputusan untuk meneruskan atau mematikan iklan yang sedang kita jalankan.

d. Penentuan Target Audience

Informasi konsumen yang ideal dapat ditemukan dengan membuat buying persona seperti contoh diatas. Selain itu kita bisa juga memanfaatkan fitur audience insight yang merupakan fitur bawaan facebook.

Saya mencari audience dengan cara brainstorming dari interest yang umum terlebih dahulu. Selanjutnya Saya menggali semua interest tersebut dengan melihat kolom page like dan affinitas audiencenya.

Cara lainnya adalah dengan masuk kedalam menu adset dan mencatat semua interest yang disarankan oleh engine facebook.

Baca Juga: Cara melakukan research audience untuk penargetan facebook ads

e. Pembuatan Konvensi Penamaan iklan

Dalam pembuatan campaign baru Anda perlu membuat penamaan yang baku untuk mempermudah analisa data.
terutama jika Anda memegang beberapa akun klien

Saya menggunakan konvensi

nama_produk_objektif campaign (rdh_produk_WC)

  1. Pembuatan Iklan

Membuat iklan. Iklan yang Saya jalankan bertujuan untuk mendatangkan konversi yaitu konsumen menekan tombol hubungi kami dan nantinya akan diarahkan untuk melakukan chat, email, telepon, atau whatsapp .

Baca Juga: 3 Tipe iklan facebook untuk iklan yang maksimal!

a.Objektif iklan yang Saya pakai

da 3 objektif iklan yang sering Saya gunakan untuk beriklan

  • Post engagement :

Saya memerintahkan facebook untuk mencari orang dengan kebiasaan engage dengan postingan facebook (Like, komen, dan share).
Bagi Anda yang baru memulai iklan dan tidak memiliki dana yang besar untuk beriklan Saya sarankan Anda untuk memilih objektik Engagment sebagai permulaan karena objektif ini cendrung lebih murah dan jika targetingnya tepat akan menghasilkan penjualan.

Jangan sekali-kali tertipu oleh like post. Banyaknya like pada post yang Anda iklankan tidak berarti bahwa iklan Anda akan menghasilkan penjualan. facebook mendapatkan uang dengan cara mengirimkan orang orang yang berinteraksi dengan post Anda, namun Sayangnya banyak dari mereka adalah orang yang kurang daya belinya dikarenakan banyak dari mereka adalah abg.

Jenis ini sangat bagus untuk split testing dengan murah. Karna dengan mengetahui interaksi nya kita dapat menyimpulkan kombinasi iklan (gambar dan copywriting) yang mana yang disukai oleh target pasar kita.

  • Click to website :

Saya memerintahkan facebook untuk mencari orang dengan kebiasaan klik tautan menuju situs tertentu.

Jika kode tracking anda telah terpasang. Anda bisa memanfaatkan objektif ini untuk mendatangkan website secara konsisten hingga kita mendapatkan data yang cukup untuk membuat custom audience.

  • Website Conversion :

Saya memerintahkan facebook untuk mencari orang dengan kebiasaan membeli online.
Jenis iklan ini sangat baik digunakan untuk optimasi dan scale up. Sebelum saya membuat iklan jenis ini, saya pastikan terlebih dahulu bahwa saya mempunyai data pixel yang cukup untuk membuat audience yang serupa dengan orang yang pernah mengunjungi situs Saya dan melakukan aktifitas tertentu (Lookalike Audience).

b. Penargetan Iklan

Setelah Saya menentukan objective iklan Anda, selanjutnya Saya menentukan penargetan iklan.

Baca Juga: Panduan Penargetan Facebook ads

Pada bagian ini Anda bertugas untuk menentukan target yang tepat berdasarkan buying persona dan Research Interest yang Anda telah buat di tahap perencanaan tadi.

karna klien Saya bergerak di b2b maka Saya melakukan research menggunakan audience insight untuk mencari orang-orang yang berkaitan dengan bisnis

Interest yang Saya dapatkan kemudian Saya pilah pilah mulai dari yang kecil hinga yang besar audiencenya

audience range yang Saya gunakan adalah 300K-1000K.

audiende yang kecil Saya gabungkan dalam 1 adset sedangkan audience yang besar Saya tetap gunakan menjadi 1 interest per adset.

target wilayah seluruh indonesia, jenis kelamin all, Umur 18-24.

Ada 2 pendekatan dalam mengoptimalkan penargetan berdasarkan jumlah audience

Pertama Broad to Specific: dimana kita menggunakan audience yang sifatnya luas dengan interest yang memiliki audience yang banyak. Kelebihan metode ini anda bisa mengerucutkan audience potensial karena facebook dengan algoritmanya bisa menentukan mana audience yang memiliki kecendrungan sesuai dengan objektif iklan ini.  Research audience juga hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Kekuranganyannya adalah teknik ini membutuhkan dana yang lebih banyak

Kedua Laser Targeting: Dimana kita mencari interest yang sangat related dengan produk kita. Metode ini bagus untuk menjual produk yang sangat spesifik seperti produk hobi dan pride (Kaos, merchandise dll). Kelebihan metode ini adalah relatif lebih murah dan menghasilkan engagment yang tinggi. Menghasilkan custom audience yang lebih spesifik.

Kekurangannya: memakan waktu research yang lebih lama. Terkadang potensial audiencenya sedikit sehingga perlu di gabung dengan broad interes juta.

Karena Saya menjual produk B2B dan banyak variasi maka saya menggunakan kombinasi dari kedua cara tersebut diatas.

c. Menentukan Placement.

Facebook memiliki 2 pilihan placement yaitu

automatic placement dan edit placement

Saya pilih edit placement dan hanya fokus pada facebook feed karna berdasarkan hasil beberapa testing diketahui bahwa placement ini murah jika dibandingkan dengan placement lainnya.

Penempatan iklan facebook ads

Untuk device Saya menggunakan mobile dan dekstop pada tahap testing. pemilihan targeting device sangat bergantung dengan produk atau jasa yang Anda sediakan. Untuk produk aplikasi hp tentu saja akan lebih optimal dengan pemilihan device mobile.

d. Pembuatan Ads

Saya telah mencoba berbagai variasi ads mulai dari single image ads, video ads, corousal

Saya menemukan bahwa single image ads dan video ads memberikan konversi yang lebih tinggi.  Untuk produk yang klien ini corousal tidak bekerja dengan baik meskipun Saya sudah mencoba beberapa angle.  Untuk menjaga efisiensi seterusnya Saya fokus mengoptimasi single image ads karna lebih mudah maintanance nya dan biaya per konversinya juga murah.

Kriteria Gambar Yang baik untuk iklan facebook ads

Attention: Erat kaitannya dengan gambar dan headline. Buatlah headline yang menarik perhatian orang untuk mengklik iklan Anda

Baca Juga: Panduan membuat gambar iklan facebook ads 

Untuk Gambar Saya gunakan formula

  1. Gunakan warna yang kontras dengan warna latar facebook

  2. Ukuran gambar mengikuti rekomendasi facebook 

  3. Gunakan gambar HD

  4. Fokus pada produk

  5. Fokus Pada End Result

  6. Relevansi warna dengan website Anda

Berikut contoh-contoh iklan yang baik:

 

contoh iklan

Untuk Ads Saya menggunakan formula:

Attention: Gunakan headline yang menarik perhatian. Gambar yang kontras dan membuat pembaca facebook seketika itu berhenti di iklan kita.

Connection: Keterarikan dibangun dengan membuat copywriting yang sesuai dengan buyer persona. Saya membangun koneksi dengan memberikan awalan pertanyaan, kemudian dilanjutkan dengan masalah, kemudian solusi yang ditawarkan produk.

Action: Ini berupa ajakan untuk melakukan aksi tertentu. Ajakan ini merupakan hal krusial karna kita mengingikan audience lansung melakukan aksi tertentu setelah melihat iklan. Saya menggunakan call to action shop now atau hubungi kami!

Saya membuat 3 gambar dengan 2 variasi copywriting. Saya menyesuaikan dengan best practise facebook untuk hanya menggunakan 6 ads per campaign. Untuk produk yang sama, menggunakan banyak kombinasi ads dan copywriting hanya akan menyebabkan sebaran iklan tidak merata karena facebook telah melakukan optimasi berlebihan terhadap iklan yang perform saja.

Saya menggunakan teknik optimasi bertahap. dengan cara mengoptimasi winning campaign secara bertahap hingga didapatkan winning campaign terbaik untuk produk tertentu.

Awalnya Saya mengalokasikan 300 ribu per produk untuk testing iklan. Saya akan tunggu sampai data analitic Saya mencukupi untuk membuat keputusan terhadap iklan. Jika biaya per conversinya murah

maka Saya akan melanjutkan iklan Saya. jika tidak Saya akan mengoptimasi dengan gambar dan copywriting baru.

e.Teknik Optimasi Iklan

Saya membuat patokan Return of ads spent tersendiri untuk klien Saya. Untuk produk biasa Saya memberikan stAndar minimal 15 ribu maksimal untuk cost per conversion.

Untuk produk premium dengan margin tinggi, Saya tetapkan Rp. 50 000 sebagai cost per convertion maksimum.

Baca juga: Cara Analisa iklan Facebook ads

Optimasi dilakukan dalam rentang waktu mingguan karna Saya mengelola banyak produk dan ads terus berjalan setiap hari.

Cara Membandingkan data iklan dalam rentang mingguan menggunakan Ads Manager

Poin yang perlu Saya cek adalah:

  1. Cek Frekuensi iklan
  2. CTR Link
  3. Cost perconversion

Jika pada minggu sebelumnya cost per conversionnya lebih rendah dari minggu ini maka Saya akan cek CTR nya terlebih dahulu. Jika CTR nya tetap maka Saya tetap jalankan iklan. Jika CTR menurun maka Saya akan cek Frekuensi. Jika frekuensi iklan telah tinggi maka saatnya untuk melakukan optimasi yaitu dengan cara

  1. Merubah gambar dan copywriting.
  2. Mengganti penargetan.
  3. Menduplikasi ads yang telah berjalan.
  4. Melakukan breakdown data berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin.

begitulah garis besar apa yang Saya lakukan untuk mendapatkan iklan yang alhamdulillah bisa memberikan kontribusi untuk peningkatan omset dari 600 juta hingga tembus 1,5 milyar dalam 4 bulan.

 

 

One Response

  1. andi October 14, 2017

Leave a Reply