Panduan Beriklan Menggunakan Facebook Ads

Panduan Beriklan Dengan Facebook

Kenapa Menggunakan Facebook ads

Facebook adalah sosial media yang populer no 2 setelah youtube di indonesia. 

Berdasarkan data Hotsuite. Facebook merupakan sosial media terbesar ke dua setelah youtube di Indonesia.

Hingga tulisan ini dibuat. Terdapat 97 Juta pengguna aktif facebook di Indonesia.

Besarnya pengguna facebook merupakan pasar yang sangat prospektif jika dimanfaatkan untuk keperluan promosi. 

Baik itu dalam bentuk pemasaran produk, penggalangan dana, tutorial, maupun dalam membangun opini publik.

Facebook Ads memungkinkan kita untuk menjangkau Audience yang besar tanpa batas tempat dan waktu. 

Kita bisa menjangkau orang banyak dalam waktu kurang dari 1 jam sekalipun kita sedang duduk santai di tepi pantai yang tenang! 

Jika dibandingkan dengan media promosi tradisional seperti spanduk dan brosur, Facebook ads jauh lebih murah dan efektif. 

Murah karena kita bisa menjangkau ribuan orang yang tepat hanya dengan uang Rp 20 ribu saja.

Efektif karena semua aktifitas pemasaran dengan facebook ads terekam dalam bentuk laporan yang bisa dianalisis ke efektifitasnya. Hasil analisis inilah yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan performa dari iklan kita.

Facebook Ads sudah terbukti memiliki kemampuan untuk melejitkan penjualan. 

Berbagai perusahaan maupun ukm sudah membuktikan keampuhan facebook ads terhadap pertumbuhan bisnis mereka.
Menariknya lagi pertumbuhan pesat ini bisa digapai dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan metode promosi menggunakan media tradisional

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads dibandingkan dengan Media Promosi Lainnya

1. Cepat

Jika dibandinkan dengan media promosi konvensional dan media promosi digital (SEO, Content Marketing) maka facebook bisa diunggulkan karena mampu mendatangkan pengunjung pada website Anda dalam waktu singkat tanpa harus menunggu berminggu-minggu.

2. Tertarget

Penargetan pengunjung situs kita berdasarkan pendekatan interest (ketertarikan) pada facebook, Artinya Facebook mampu menampilkan iklan kita kepada orang-orang yang berminat terhadap produk maupun layanan yang kita tawarkan.

3. Murah

Hanya dengan 20 ribu rupiah anda sudah bisa mulai beriklan dan menjangkau ribuan orang dengan metode periklanan yang tepat!

 4. Mudah untuk di Scale Up (Lejitkan)

Anda bisa melipat gandakan omset kamu dalam waktu singkat dengan metode scaling yang tepat.  

5. Tidak ada batas negara

Anda bisa menjangkau berbagai lokasi di negara lain. 


Kekuranga Fb ads

1. Biaya iklan yang akan terus semakin mahal

Sistem iklan yang berbasis lelang semakin lama akan semakin mahal seiring dengan bertambanya jumlah pengguna layanan iklan di facebook. Oleh karena itu segera pelajari secepatnya facebook ads sebelum kue anda direbut oleh orang lain!

Contoh bisnis besar yang menggunakan facebook ads

Tidak sedikit contoh perusahaan maupun ukm yang berhasil melejitkan omsetnya dengan facebook ads.

Berbagai macam tipe promosi sudah membuktikan betapa powerfullnya facebook ads dalam mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Contohnya:

Perusahaan charity:  kitabisa.com yang berhasil mendapatkan pendanaan hingga milyaran dalam salah satu iklan mereka untuk pembangunan mesjid di Chiba Jepang.

Penjualan Kaos: Koko Albert Leonardo yang berhasil menjual kaos pi day ke pasar amerika hingga 20000 piece dalam waktu satu setengah bulan. Profit per kaos minimal $10 Silahkan hitung sendiri profitnya dalam rupiah!

Penjualan Marchandising: Perusahaan tempat saya bekerja berhasil meningkatkan omsetnya hingga 3 klai lipat dalam waktu 3 bulan menggunakan Facebook ads sebagai salah satu media promosinya.

Perusahaan Retail: Coca cola berhasil meningkatkan brand awareness nya di afrika dengan menjangkau jutaan calon kostumer potensial.

Demikian gambaran umum tentang facebook ads. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat fanspage untuk keperluan beriklan dan bagaimana menambahkan saldo kedalam facebook!

Selanjutnya =====> Membuat Fanspage di facebook

Leave a Reply