Terbaru 2017 : Laser Targeting Audience Facebook ads

Saat mempromosikan suatu produk menggunakan fb ads. targeting audience sangatlah penting karena keberhasilan iklan kita sangat erat hubungannya dengan membidik audience yang tepat.

yaitu orang-orang yang pasti suka produk kita, orang yang pasti membutuhkan produk kita, misal kita menjual hijab/jilbab, harusnya kita membedakan dua audience “hijabers gaul dan hijabers syari’i”, yang notabene gaya hijab kedua audience diatas sangat berbeda.

Sebelum membuat iklan biasanya kita melakukan riset audience yang akan di bidik, seperti umur, gender, demografi, pekerjaan, device yang digunakan, dan yang paling penting interest. Facebook telah menyediakan tools gratis untuk riset audience yaitu “Audiece Insight”, silahkan coba buka di dashboard masing-masing ya..

Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook selalu melakukan update algoritma secara berkala, pada update terakhir ini facebook menghilangkan fitur affinity score, padahal sebelumnya affinity score jadi patokan penting dalam menentukan interest yang akan kita gunakan, 

Audience Insight lama dengan data Affinity

Data Audience Insigt 2017 tanpa Affinity

Oleh karena itu saat ini kita akan membahas cara menentukan interest terbaik untuk iklan kita, “tanpa affinity score”. yaitu dengan Laser targeting. Laser targeting kita ini akan membidik super audience, mengapa super, karena audience yang kita bidik adalah orang yang benar-benar suka dengan produk yang kita jual, kita ambil contoh paling gampang dengan menjual kaos golf.

contoh interest laser targeting

untuk memudahkan memahami perhatikan gambar ilustrasi dari digitalmarketer diatas, karena produk yang kita jual adalah kaos tentang golf, maka kita akan menarget tokoh/pemain golf, sebelum memulai jawablah pertanyaan berikut dengan jujur

1. Apakah kamu tahu/kenal/atau pernah dengar nama Tiger Wood ?

jika kamu familiar atau tahu dengan Tiger Wood. apakah kamu suka Golf? jawabannya belum tentu,

2. Apakah kamu tahu/kenal/atau pernah dengar nama Phil Mickelson? 

jika kamu tau berarti kamu suka golf,

3. Apakah kamu tahu/kenal/atau pernah dengar nama Bubba Watson? 

jika kamu tau berarti kamu BENAR-BENAR suka dengan golf

dari 3 point diatas yang menjadi perhatian kita adalah audience yang BENAR-BENAR suka dengan golf, jika kita menyebut nama Tiger Wood tentu banyak orang yang mengenalnya karena dia adalah pemain golf terkenal udah kayak selebritis hampir semua orang tau Tiger Wood.

untuk target super targeting kita harus mentarget tokoh yang tidak terkenal, mengapa? karena hanya orang2 yang benar2 mencintai golf lah yang akan paham sampai sedetail mungkin perkembangan golf

coba kita bayang kan jika kita menjual kaos golf dengan orang yang fanatik?? potensi sales nya jadi akan sangat tinggi dari pada orang yang hanya suka golf (dibanding dengan fanatik).

mengapa kita harus menarget seseorang yang fanatik?

Karena Facebook tau semua tentang kita sebagai user, facebook punya semua data, apa yang kita suka, tidak suka, teman baik, kursus yang disukai dll, kita harus memahami cara kerja facebook,

misalnya kita lihat video tenis, kita dianggap suka tenis. misal kita ngomongi di messenget fotografi, kita dianggap suka. misal kita baca berita Real Madrid juara Champion, kita dianggap suka Real Madrid

Inilah yang dinamakan broad targeting,

Mengapa broad targeting itu tidak baik

  1. Jangkauan audience nya sangat-sangat luas,
  2. Tidak mentarget orang yang benar2 suka/passion
  3. Bersaing di pasar yang salah (Buang2 uang, buang2 waktu)

oleh karena itu kita harus mentarget fans fanatik, atau laser targeting

Tulisan ini tidak akan menjelaskan secara detail tentang cara targeting berdasarkan

  1. lokasi (silahkan pilih sendiri sesuai usaha bisa lokal atau seluruh Indonesia)
  2. demografi
  3. genre, (kita pasti tau siapa yang akan beli produk kita)
  4. umur
  5. behavior (biasa menggunakan gadget apa dsb)
  6. page
  7. dan lain sebagainya

saya anggap teman2 sudah paham karena pembahasan di atas terlalu dasar dan umum, dari data diatas kita hanya menerka2 interest apa yang cocok, yang perlu kita pahami bersama adalah mindset cara kerja facebook yang dijelaskan diatas.

Jadi apa yang akan kita target,

  1. Website (orang2 yang sangat suka bukan hanya tempel poster)
  2. Blog
  3. Forum
  4. Facebook page
  5. Equipment brand
  6. Artis yang tidak terkenal
  7. Nama Brand (misal merk stik golf)
  8. Magazine (hanya orang2 tertentu beli majalah; majalah golf)
  9. Asosiasi (hanya orang yang benar2 suka yang masuk asosiasi, misal asosiasi golf indonesia)
  10. Public figure
  11. Event/kontes
  12. Author/books
  13. Tools/equipment
  14. komunitas

dari banyak point diatas, kita harus benar2 riset untuk menemukan interest fanatik, riset di google/bing dari point2 diatas, cari di audience insight, dan badingkan dengan page yang ada apakah relevan atau tidak.

 

Kesimpulannya adalah

Laser targeting

Yaitu orang-orang yang sangat sangat sangat suka/passion dengan suatu niche, bagaimana kita mengetahui audience ini, yaitu dengan memberikan interest yang hanya orang yang benar2 suka benar2 passion saja terhadap suatu niche.

Bagaimana menemukan audience laser targeting 

  1. bukan informasi yang umum, yang semua orang tau
  2. jumlah audience bukan jutaan dalam targeting
  3. one thing list
  4. audience target harus aktif

silahkan teman2 pahami dengan baik, jika ada masalah dalam menentukan laset targeting jangan segan hubungi kami ridhopratama90@gmail.com

 

Leave a Reply