Cara Melakukan Riset untuk Memilih Produk Yang Laris di Jual

Berikan Produk dan jasa yang Berkualitas, Itulah metode marketing yang terbaik.

Milton S

Mencari produk dan jasa yang akan dijual merupakan tantangan bagi pebisnis. Karna produk adalah komponen penting yang menentukan keberlansungan bisnis kita.

Belum tentu apa yang menurut perasaan kita bahwa produk itu bagus, tidak serta merta akan disukai oleh masyarakat luas.

Oleh karena itu diperlukan metode yang valid untuk menemukan produk yang terbaik untuk dipromosikan.

Apa yang di bahas disini?

  1. 3 Jenis model bisnis yang dipasarkan online.
  2. Jenis produk yang umum dijual online.
  3. Jangan jual produk ini jika anda tidak mempunyai toko real (Offline).
  4. Cara mencari produk laris dengan cepat


1. Ada 3 jenis bisnis yang menggunakan jasa pemasaran online:

Pertama adalah bisnis yang menjual produk sendiri: yaitu bisnis yang menjual barang ataupun jasa hasil karya sendiri, misalnya makanan, sepatu, souvenir, video pembelajara, jasa pemborong.

Kedua adalah bisnis yang menjual produk orang lain dengan menyetok barang orang lain

Ketiga adalah dengan dropshipping dan affiliate marketing yaitu menjual produk atau jasa tanpa menyetok produk tersebut.

Kita berperan sebagai makelar yang mencarikan pembeli kepada distributor. Ketika barang dibeli, nanti distributor akan megirim barang tersebut atas nama Anda.

Ketiga model bisnis ini memiliki kelebihan masing masing. Bisnis model pertama memiliki produk yang unik dan sulit ditiru oleh orang lain misalnya makanan, Makanan buatan anda tidak akan bisa ditiru oleh orang lain karna hanya Anda lah yang mengetahui resep makanan tersebut.

Bisnis model kedua memiliki kelebihan anda memiliki barang yang ready dan siap dikirim ketika ada pembeli.

Bisnis model ketiga sangat lebih hemat tenaga dan karyawan karna kita tidak perlu menyetok barang dan repot mengirimkan pesanan.

Faktanya perusahaan-perusahan besar yang pernah saya bantu menaikkan omset bisnisnya menggunakan bisnis model  ketiga ini (makelar).

Mulai dari produk murah hingga produk alat kesehatan yang harganya ratusan juta sekali closing.

Semuanya menggunakan sistem dropship ini. Mereka hanya fokus memproduksi konten dan memperbaiki layanan konsumen.

Tidak perlu repot mengirim barang, memproduksi produk. Sehingga bisnis mereka lebih efisien dari segi waktu dan tenaga karyawan yang dibutuhkan.

Namun demikian sebagai seorang muslim, saya punya kewajiban untuk menjelaskan kepada kita semua tentang seluk beluk dan hukum dari bisnis dropshipping yang halal. Silahkan dipelajari disini ya 🙂 :

2. Produk yang dipasarkan juga terbagi menjadi 2, Yaitu produk

1. Yang memberikan solusi terhadap permasalahan: produk jenis ini meliputi produk kesehatan, produk bisnis, konsultan psikologi, Jasa reparasi. Jenis produk ini banyak dicari oleh orang yang memiliki masalah dan membutuhkan solusi segera terhadap problem mereka.

2. Produk yang terkait dengan kegemaran (Fashion, makanan, alat olahraga, liburan). Konsumen dengan tipe ini memiliki passion yang tinggi  dengan kegemarannya dan tidak sungkan-sungkan membeli produk walaupun harganya tinggi.

3.  Jangan jual produk ini dengan fb jika anda tidak mempunyai toko fisik (Offline).

1. Mobil: Iklan mobil efektif untuk menarik orang mengunjungi situs penawaran Anda, namun orang cenderung lebih senang datang langsung ke showroom untuk membelinya.

2. Jam mewah/perhiasan Mahal: Sekalipun tertarik. Orang sulit percaya untuk membeli online untuk jenis barang ini dikarnakan harganya yang mahal dan mereka ingin mengecek fisiknya terlebih dahulu.

3. Alkohol dan Obat kuat: Facebook tidak mengizinkan promosi 2 benda ini.

4.  Cara mencari produk laris dengan cepat

a. Menggunakan tokopedia

Tokopedia merupakan tempat dimana distributor berkumpul.

Dengan cara yang tepat, Disini anda bisa menemukan barang kualitas sama dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada barang yang biasa anda temukan dimall atau di pasar!

Tokopedia juga memiliki kelebihan yaitu mempermudah pedagang yang ingin berjualan dropshipping karena ada menu khusus untuk dropshipper.

Teknik mencari barang yang laris adalah dengan mensortir produk dengan laris ditokopedia.

Kemudian kita hitung conversion rate mya (tingkat kelarisannya) kita bandingkan setiap produknya dan selanjutnya nanti akan ketemu mana winning produk yang siap dipromosikan. Langkahnya sebagai berikut:

1. Buka situs tokopedia.com

2. Pada menu search ketik kategori produk yang ingin Anda jual. Contoh tas wanita

3.  Setelah itu dimenu urutkan. Pilih berdasarkan ulasan

4.  Tokopedia akan menampilkan produk dengan ulasan terbanyak terkait produk tas wanita. Klik masing-masing gambar dan lakukan analisa

5. Perhatikan kotak yang saya lingkari dengan warna merah. Disana tertulis dari 73.5 ribu dilihat, ada 7.9 ribu tas yang terjual. Itu artinya tingkat konversi produk ini adalah 7.9rb/73.5 rb yaitu 10,7%.

Data diatas memberikan arti bahwa setiap 100 orang tertarget yang melihat produk tas tersebut maka 10 orang akan membeli tas tersebut.

Bayangkan Jika Anda bisa mencari 10 ribu orang tertarget mengunjungi penawaran anda setiap harinya dengan fb ads. Maka kemungkinan akan ada penjualan ± 1000 dalam seharinya! .

Namun demikian perlu diketahu angka penjualan 1000 ini juga dipengaruhi oleh persaingan dengan pengiklan produk yang sama dan penawaran (harga, diskon, copywriting) yang kita suguhkan!
10 ribu orang tertarget ini hanya membutuhkan 300rb budget iklan harian untuk mencapainya.

Jika anda bisa mendapatkan 100 konsumen saja dengan keuntungan 50 ribu perproduk. Anda sudah mendapatkan keuntungan bersih 5 juta sehari! Menarik bukan? J

b. Menggunakan google trend

Google trend adalah tools gratis dari goole yang bisa dimanfaatkan untuk melihat trend pencarian terhadap kata kunci tertentu.

Kita bisa manfaatkan tools ini untuk melihat gambaran besar trend dari produk yang kita akan jual secara online (Tahunan, bulanan, dan harian).  Yuk lansung kita praktekkan cara penggunaanya!

1. ketik google trend dan buka situsnya

2. Pilih negara indonesia

3. Kita bisa lansung cek produk yang kita cari dengan mengetik kata kunci produk. Misalnya kita ingin menjual rumah maka ketik jual rumah, jual bibit pohon, jual sepatu dll. Jangan pilih bisnis yang musiman contohnya batu akik seperti berikut:

4. Coba perhatikan pencarian selama 5 tahun

5. Batu akik ternyata hanya bisnis musiman yang trend puncaknya bulan may 2015 setelah itu pasarnya mulai merosot. Bisnis tidak prospek untuk dijalankan.

6. Selanjutnya coba ketik jual bibit durian. Terlihat disni bahwa trend pencarianya cenderung meningkat dari tahun ketahun. Ada peluang disini

7.  Selanjutnya coba ketik jual kurma. Terlihat disni bahwa trend pencarianya cenderung musiman, yaitu bulan ramadhan setiap tahunnya.  Ada peluang disini jika anda ingin berjualan kurma pada saat ramadhan

8. Coba ketik jual squishy maka akan tampil trend yang bagus karena saat ini lagi dicari oleh konsumen didunia maya .

9.  Kita bisa membandingkan 2  produk sekaligus, misalnya saya ingin membandingkan produk boneka doraemon dan boneka squishy.

Dari sini kita bisa lihat mana produk yang lebih diminati oleh masyarakat sepanjang tahun dan bulan apa penjualan terlarisnya

Inilah 2 cara untuk mendapatkan produk yang pasti laris untuk pasar indonesia. Untuk  bisnis jasa dan pasar dunia akan saya jelaskan dalam ebook saya “RAHASIA LIPATGANDAKAN OMSET DENGA FB ADS” Tetap semangat upgrade skill dan semoga sukses

Salam hormat,

Ridho Pratama

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *